header-post-inside

Pencak Silat

Profil Singkat

Terdapat beraneka ragam aliran pencak silat yang berkembang di Indonesia selama berabad-abad, dan tiap aliran ini bercabang-cabang lagi menjadi banyak perguruan. Salah satunya di STIE Totalwin, mengadopsi pencak silat aliran Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang pada zaman dahulu didirikan oleh Ki Hajar Harjo Utomo di Desa Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Madiun pada tahun 1922. PSHT merupakan perguruan silat yang mengajarkan kesetiaan pada hati sanubari sendiri yang bersandarkan pada Tuhan Yang Maha Esa. Perguruan ini mengutamakan persaudaraan dan berbentuk sebuah organisasi.

Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat, yaitu:

  1. Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati tahapan semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.
  2. Aspek Seni Budaya: Budaya dan permainan “seni” pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak silat, dengan musik dan busana tradisional.
  3. Aspek Bela Diri: Kepercayaan dan ketekunan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat.
  4. Aspek Olah Raga: Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olah raga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.

Secara ringkas, peserta UKM Pencak Silat PSHT akan dibagi menjadi beberapa tahap atau tingkat kemahiran, yaitu: Pemula, Menengah, Pelatih, Pendekar.

Fasilitas tempat latihan di Aula Kampus STIE Totalwin, Jalan Kyai Saleh Nomor 11, Semarang dengan dilengkapi fasilitas penunjang latihan lainnya (matras, target, body protector, dan lain sebagainya) Berlatih dua kali seminggu, hari Rabu pukul 15.00-17.00 & Sabtu pukul 15.00-17.00.

Prestasi

  1. Dies Natalis UKM PSHT IAIN WALISONGO SEMARANG XVIII Kejuaraan ”Terate Cup II” memperoleh Juara I Kelas F Putri, Juara II Kelas F Putra, Juara II Kelas B Putri, Juara III kelas A Putra, Juara 1 Kelas D Putra
  2. Pekan Olahraga Provinsi (POR PROV) Tahun 2013 memperoleh

Kontak Person

Anang Tri Wahyono – 081……….

Posted in Organisasi Mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>