header-post-inside

Peer Education

10801689_908821445803816_5832711435667654018_nPendidikan sebaya (peer education) adalah sebuah konsep populer yang mengacu pada berbagai pendekatan seperti saluran komunikasi, metodologi, filosofi, dan strategi. Istilah ‘peer education’ merujuk pada suatu pengertian sesuatu yang berdiri sama dengan yang lain, sesuatu milik yang sama atau dengan kata yang sederhana sebagai pendidikan sebaya. Kelompok yang dimaksudkan terutama kelompok masyarakat yang dikategorikan berdasarkan umur, kelas atau status.

Peer Education telah dilaksanakan di 14 propinsi. Untuk alasan anggaran, maka hal ini belum dilaksanakan di seluruh Indonesia walaupun panduan telah dikirim ke setiap provinsi dan beberapa propinsi telah dilaksanakan dengan sumber daya mereka sendiri. Pendidik kelompok sebaya telah dilatih di Jakarta. Program ini saat ini terbatas untuk sekolah menengah atas dan perguruan tinggi (UNESCO). Salah satunya kelompok Peer Education Perguruan Tinggi adalah Peer Education STIE Totalwin. Dengan melakukan kerjasama (MoU) dengan PILAR PKBI Jawa Tengah, Peer Education STIE Totalwin rutin melakukan kegiatan edukasi di lingkup internal maupun eksternal.

Model pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan sebaya adalah komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE). Pendidikan sebaya diidentifikasi sebagai sarana penting menyebarkan informasi tentang HIV/AIDS dan kesehatan reproduksi karena terkait masalah seks sering sulit untuk membahas secara terbuka dan adanya hambatan untuk menyampaikan secara formal pendidikan kesehatan reproduksi di sekolah. Pendidikan sebaya dapat mengatasi beberapa kesulitan, dapat mentransfer pengetahuan dan komunikasi dilakukan lebih bebas dan secara terbuka dalam kelompok sebaya (UNESCO).

Kontak Person

Lusitania Yosefina Gua Seka

Posted in Organisasi Mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>