Seminar Nasional Sertifikasi Kompetensi sebagai modal memenangkan persaingan globala

November 30, 2019 by Administrator

Beranda Berita Seminar Nasional Sertifikasi Kompetensi sebagai modal memenangkan persaingan globala

stietotalwin.ac.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin (STIE Totalwin) menyelenggarakan Seminar  Nasional dengan tema ”Sertifikasi Kompetensi sebagai modal memenangkan persaingan global” di Aula Kampus STIE Totalwin, Sabtu (30/11/2019).

Transformasi digital telah mengakibatkan perubahan struktur pasar kerja, mengancam tenaga kerja dengan kemampuan rendah dan mendorong munculnya jenis pekerjaan baru, sekaligus menghilangkan sebagian pekerjaan yang ada. Perubahan tersebut otomatis mengakibatkan tuntutan pasar kerja yang membutuhkan lulusan perguruan tinggi siap bekerja atau mampu menciptakan pekerjaan pada era disrupsi, seperti perusahaan start up.

Disitat dari rilis media Kemenristekdikti, pada tahun 2020, keterampilan individu mahasiswa yang penting untuk dimiliki antara lain: kemampuan menyelesaikan persoalan kompleks, kemampuan berpikir kritis, kreatif, people management, mampu berkoordinasi, dan memiliki kecerdasan emosional.

Sertifikasi kompetensi diperlukan untuk menjawab tantangan era dirupsi akibat transformasi digital yang telah mengubah struktur pasar kerja. Transformasi digital telah mendorong munculnya jenis pekerjaan baru, mengancam tenaga kerja dengan kemampuan rendah, sekaligus menghilangkan sebagian pekerjaan yang ada.