STUDIUM GENERALE 2021

March 20, 2021 by Administrator

Beranda Berita STUDIUM GENERALE 2021
Image

STUDIUM GENERALE “THE IMPORTANCE OF KNOWING CROSS-CULTURAL UNDERSTANDING IN THE FIELDS OF ECONOMICS, CULTURE, AND EDUCATION”

STIE Totalwin, 20 Maret 2021

Perkembangan zaman yang terjadi dengan pesat ini memberikan sebuah tantangan hebat bagi institusi pendidikan mulai dari pendidikan anak usia dini hingga pendidikan tinggi atau yang sering disebut dengan perguruan tinggi. Tantangan yang ada seiring dengan pesatnya perkembangan zaman ini salah satunya adalah tantangan mental. Tantangan mental merupakan pondasi yang paling dasar dalam menyikapi ketermutahiran baik dari sisi saintifik maupun teknologi. Banyak sekali kasus yang dialami oleh peserta didik baik dalam level pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi yang salah satunya adalah tidak siapnya mental peserta didik dalam menyikapi perkembangan jaman ini dan akibat dari ketidak siapan tersebut adalah terjadinya degradasi mental peserta didik.

Efek terjadinya degradasi mental menyebabkan dampak negative yang sangat luar biasa, salah satunya adalah munculnya rasa tidak percaya diri atas kemampuan diri sendiri. Hal diatas tentunya mempunyai dampak keberlanjutan untuk pribadi yang merasa tidak mempunyai mental yang cukup dalam menyikapi perkembangan zaman. Efek domino selanjutnya akan timbul dari sisi kognitif bahwa pribadi tersebut sudah menyakini untuk tidak mempunyai kompetensi yang pasti dalam kehidupanya. Tentunya efek degradasi mental ini sangat merugikan pribadi manapun yang merasa bahwa dirinya tidak mampu untuk mengembangkan wawasan sesuai dengan perkembangan zaman yang ada.

Di era yang serba cepat dan maju ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin mempunyai arah mata angin yang jelas juga siap dan tanggap dalam menyikapi kemajuan IPTEK dengan berlandaskan IMTAQ. Untuk menyikapi kemajuan zaman, STIE Totalwin akan memberikan satu acara yang sangat bermanfaat untuk memberi bekal kepada mahasiswa. Bekal yang dimaksud adalah akan terselenggaranya Studium Generale atau dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan kuliah umum dengan tema bahasan “The Importance of Knowing Cross-Cultural Understanding In the Fields of Economics, Culture, and Education”. Studium General ini dipastikan akan membahawa dampak besar bagi mahasiswa, dosen, bahkan tenaga kependidikan yang ada di STIE Totalwin. Salah tujuan dari event ini adalah untuk menyadarkan bahwa pengetahuan lintas budaya dalam bidang ekonomi, budaya, dan pendidikan dari masing-masing daerah, kota, Negara, bahkan benua mempunyai karakter yang beragam.

Dalam acara Studium Generale ini, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin mendatangkan keynote speaker Rahul Bhandari, PGDBM, M.Com, BCA, B.com yang berasal dari O.P. Jindal Global University India. Kepakaran beliau dibidang pemahaman lintas budaya ini sangat pas untuk tema Studium Generale. Dengan adanya Studium Generale ini diharapkan seluruh lapisan STIE Totalwin dapat lebih percaya diri dan menyakini bahwa tiap pribadi adalah kompeten dalam bidang masing-masing. Munculnya rasa percaya diri ini nantinya akan berdampak positif bagi institusi untuk turut siap berkompetisi dengan perguruan-perguruan tinggi lain baik dalam negeri maupun luar negeri.

https://www.youtube.com/watch?v=Hl6wGk8t1dg