Mou STIE Totalwin dengan Dewisnu Jawa Tengah

July 16, 2023 by Administrator

Beranda Berita Mou STIE Totalwin dengan Dewisnu Jawa Tengah
Image

Mou STIE Totalwin dengan Dewisnu Jawa Tengah

Kamis, 13 Juli 2023

 

Kuliah Kerja Usaha, biasa disingkat KKU, merupakan salah satu program tahunan unggulan yang rutin diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Totalwin Semarang. Program KKU ini wajib diikuti oleh peserta mahasiswa Semester VI sebagai salah satu syarat untuk mengikuti ujian Skripsi. Ketua STIE Totalwin Semarang, Dr.  Hasan Abdul Rozak, S.H., CN, MM., beserta jajaran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yakni, Kepala LPPM Dhian Andhanarini Minar Savitri, S.E., M.M., Kepala Unit Pengabdian Astohar, S.E., M.M., Kepala Unit Penelitian Dr. Yuyun Ristianawati, S.E., M.M., melaksanakan Pembahasan Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Provinsi Jawa Tengah dan pihak stakeholder terkait untuk kesuksesan Program KKU di Banjarnegara tahun 2023.

Pembahasan MoU dan PKS ini dihadiri oleh beberapa pihak terkait, diantaranya dengan Dewisnu yang diwakili oleh Sekretaris Dewisnu Jateng Eva Agustina bersama tim, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DISPARBUD) Kabupaten Banjarnegara yang diwakili Kabid Destinasi Bp. Usep dan Kabid Perencanaan Bp. Ari, serta perwakilan PT Bukit Dewi Manggung Nimung Sukmamurti dan Nikmatulloh. Pertemuan ini dilaksanakan di Kampus Dirgabangsa 1 STIE Totalwin Semarang pada Kamis (13/07). Pembahasan berfokus pada pelaksanaan kegiatan KKU mahasiswa STIE Totalwin di Banjarnegara yang akan mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023, yang akan tersebar di 8 Desa yang berada di Kabupaten Banjarnegara. Desa tersebut diantaranya Desa Sindangsari, Desa Gumelan Wetan, Desa Gumelan Kulon, Desa Pagak, Desa Pekasiran, Desa Dawuhan, dan Desa Pakisan. Desa desa berpotensi tersebut yang nantinya akan dikunjungi sebagai obyek dari kegiatan KKU.

Para stakeholder terkait yakni Dewisnu Banjarnegara, PT. Bukit Dewi Manggung dan DISPARBUD Banjarnegara menyatakan apresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan KKU di Banjarnegara ini. DISPARBUD Banjarnegara menyatakan kesiapan dan dukungannya termasuk dengan memaparkan sejumlah desa potensial yang nantinya siap menerima pendampingan.

Program KKU STIE Totalwin Semarang ini telah bekerjasama dan didukung oleh KADIN Jateng, ACSB, Dewisnu Propinsi Jawa Tengah, Dewisnu Kabupaten Banjarnegara, DISPARBUD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara. Proses pembahasan dan kesepakatan dalam MoU dan PKS ini merupakan bagian penting sebagai wujud dukungan para stakeholder. Program KKU ini telah rutin digelar dan merupakan kegiatan positif bagi mahasiswa sebagai bagian dari proses tridharma pendidikan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sejumlah kegiatan pengabdian yang akan dilaksanakan nantinya meliputi Sosialisasi SIAPIK (Sistem Aplikasi Informasi Keuangan), Pengisian form pengajuan sertifikat Halal, Digital Marketing, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan serta beberapa program lainnya. Para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKU ini berasal dari program studi Akuntasi dan program studi Manajemen yang terbagi menjadi 15 kelompok yang akan tersebar di 8 Desa di Kabupaten Banjarnegara, dan harapannya dapat melaksanakan berbagai program yang telah dilaksanakan secara baik dan optimal.