Kuliah Umum dan Seminar Kewirausahaan

March 04, 2024 by Administrator

Beranda Berita Kuliah Umum dan Seminar Kewirausahaan
Image

Kuliah Umum dan Seminar Kewirausahaan

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk Seminar Kewirausahaan dengan tema ''Menggali Potensi Untuk Memulai Bisnis Bagi Pemula''. Kuliah umum tersebut menghadirkan tiga narasumber yaitu Gendut Marjoko selaku CO Founder PT Gula Energi Nusantara, Soraya Zahra Kamalia selaku Owner QMochi yang sekaligus Mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin, dan Siti Ulfah selaku Pimpinan Bank Jateng Cabang Utama. Kegiatan yang terbuka bagi seluruh sivitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin itu diselenggarakan pada Sabtu (2/3) di Kampus Dirgabangsa 1 Lt 2.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Hasan Abdul Rozak, S.H., C.N., M.M., selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin menyampaikan beberapa pencapaian yang berhasil diraih oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Totalwin selama satu tahun terakhir. Dr. Hasan mengatakan bahwa ''Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi Totalwin siap untuk bergerak maju demi peningkatan kualitas kampus''. 

Sementara itu, Gendut Marjoko selaku narasumber memberikan materi mengenai Bisnis dan Entrepreneurship ''Having a Good Business, With Good Financial''. Gendut Marjoko memberikan sebuah sudut pandang bagaimana cara menjalankan bisnis dimulai dari mindset (problem solving), value (what you can give), business idea, biz plan, execution, and financial report. Selain itu dirinya juga memberikan 10 hal penting yang harus dimiliki seorang wirausaha yaitu vision, passion, value, riset, inovasi, balance, cost and benefit, marketing, network, dan manajemen.

Berbeda dengan Soraya Zahra Kamalia, dirinya memberikan motivasi dan menceritakan mengenai bisnis yang selama ini telah ia jalani. Soraya menceritakan awal dirinya membuka usahanya, hingga hambatan-hambatan yang ia hadap sampai bagaimana cara ia mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Soraya memberikan inspirasi kepada mahasiswa agar jangan pernah takut untuk menjalani atau memulai bisnis. Dirinya mengatakan bahwa ''Jika ingin sukses, peluang itu bukan ditunggu namun kita sendiri yang menciptakan''. Sampai saat ini ia berhasil meraih omset kotor perbulan senilai 24 juta dari usaha yang telah ia jalani.

Selain itu, hadir pula Siti Ulfah selaku Pimpinan Bank Jateng Cabang Utama, yang memberikan wawasan mengenai produk-produk bank jateng hingga menyampaikan prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh Bank Jateng. Dirinya juga sangat mengapresiasi adanya kegiatan positif ini dan berharap akan banyak anak muda yang berani untuk memulai bisnis ataupun usaha.